Artikel

Upacara Peringatan Hari Pahlawan

Ujung Tanjung - Bertempat di halaman Kantor Pengadilan Negeri Rokan Hilir Kelas II, pada Jumat, 10 Nopember 2017, tepat pukul 08.00 WIB, seluruh warga Pengadilan Negeri Rokan Hilir Kelas II yang terdiri dari para Hakim, Pegawai dan Honorer melaksanakan upacara bendera memperingati Hari Pahlawan dengan tema “Perkokoh Persatuan Membangun Negeri”. Prosesi upacara berlangsung khidmat dengan Pembina Upacara Wakil Ketua Pengadilan Negeri Rokan Hilir Kelas II, Bapak Rudi Ananta Wijaya, S.H.,M.H.Li.. dimulai dengan Penaikan bendera merah putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya, Mengheningkan Cipta pada pukul 08.15 WIB, Pembacaan Teks Pancasila, Pembacaan Teks Pembukaan UUD 1945, Pesan-Pesam Pahlawan, dan ditutup dengan Doa.

 

Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke - 89

Ujung Tanjung - Menindaklanjuti surat edaran Sekretaris Mahkamah Agung nomor 939/SEK/HM.01.2/10/2017 perihal Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89 tahun 2017, Pengadilan Negeri Rokan Hilir Kelas II melaksanakan Upacara Bendera pada hari ini (Jumat 27 Oktober 2017) diikuti oleh seluruh Hakim, Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional dan para pegawai.

Upacara dimulai pada pukul 08.00 WIB diikuti dengan khidmat mulai dari pengibaran Bendera Merah Putih sampai akhir pembacaan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga yang dibacakan oleh Ketua Pengadilan Negeri Rokan Hilir Bapak Aswir, S.H..

Peringatan Sumpah Pemuda ke – 89 kali ini mengusung tagline “Pemuda Indonesia Berani Bersatu”.

 

Simulasi Huru Hara

Rabu, 25 Oktober 2017 Pengadilan Negeri Rokan Hilir bekerja sama dengan Kepolisian Resort Rokan Hilir mengadakan simulasi anti huru-hara. Simulasi bertempat di ruang Sidang Utama Pengadilan Negeri Rokan Hilir. Situasi yang disimulasikan adalah ketika terjadi kerusuhan ketika sidang berlangsung. Disimulasikan dengan baik oleh para Pegawai Pengadilan Negeri Rokan Hilir di bantu dengan regu pengamanan dari Kepolisian Resort Rokan Hilir.

Sejumlah pendemo di Pengadilan Negeri Rokan Hilir melakukan aksi demonstrasi yang disertai Orasi dan Perbuatan Anarki. Bukan itu saja, sejumlah peserta melakukan aksi dorong dan pemukulan terhadap aparat kepolisian yang bertugas mengantisipasi adanya huru-hara dalam aksi tersebut.

Simulasi ini bertujuan mengantisipasi huru hara dan selain itu juga untuk melatih segenap keluarga besar Pengadilan Negeri Rokan Hilir agar tetap bersiaga akan adanya kemungkinan aksi mendadak dari para pendemo yang biasanya tidak puas dengan hasil Putusan oleh Majelis Hakim.

Diharapkan, dengan adanya simulasi ini dapat mempersiapkan Pengadilan Negeri Rokan Hilir ketika dihadapkan dengan kejadian yang sesungguhnya di masa mendatang.

Pembinaan dan Pengawasan dari Tim Pengawas dan Tim Akreditasi Pengadilan Tinggi Pekanbaru

Ujung Tanjung - Rabu, 18 Oktober 2017, Tim Pembinaan dan Pengawasan Pengadilan Tinggi Pekanbaru melaksanakan kegiatan Pembinaan dan Pengawasan dan sekaligus Asistensi Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan di Pengadilan Negeri Rokan Hilir selama 2 (dua) hari yang dilaksanakan pada tanggal 17 Oktober 2017 s/d. 18 Oktober 2017. Tim terdiri dari Bapak Santun Simamora, S.H., M.H., Bapak Sugeng Riyono, S.H., M.H., dan Bapak Tahan Simamora, S.H. selaku Para Hakim Tinggi Pengawas dengan didampingi oleh Bapak Drs. Rahman Siregar, S.H., selaku Panitera Muda Pidana Pengadilan Tinggi Pekanbaru dan Bapak Darwis M, S. Kom., selaku Staff Pengadilan Tinggi Pekanbaru. Hasil Pengawasan dan Asistensi terkait Persiapan Akreditasi Pengadilan Negeri Rokan Hilir disampaikan langsung oleh Para Hakim Tinggi Pengawas yang isinya antara lain terkait dengan tertib administrasi pengelolaan berkas perkara, pengisian register, manajemen berkas, dan perlunya peningkatan pengawasan oleh Para Hakim Pengawas Bidang.

Para Hakim Tinggi Pengawas juga menyampaikan beberapa materi terkait dengan persiapan Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan. Beberapa di antaranya adalah terkait pembenahan sarana prasarana kantor, kebersihan kantor, SK - SK, dan banner - banner yang perlu segera dilengkapi.

Tim Pembinaan dan Pengawasan Pengadilan Tinggi Pekanbaru selanjutnya menyerahkan laporan hasil pengawasan dan Asistensi TAPM kepada Ketua Pengadilan Negeri Rokan Hilir untuk  dapat diberikan tanggapan dan menyerahkan kembali kepada Pengadilan Tinggi Pekanbaru.

Simulasi Penanggulangan Kebakaran pada Kantor Pengadilan Negeri Rokan Hilir 2017

Ujung Tanjung - Selasa, 03 Oktober 2017, Pengadilan Negeri Rokan Hilir bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Kabupaten Rokan Hilir melakukan simulasi penangan kebakaran di Kantor Pengadilan Negeri Rokan Hilir. Acara diawali dengan diberikannya pembekalan tentang pemicu terjadinya kebakaran, pengendalian diri saat terjadi kebakaran dan langkah yang dilakukan apabila terjadi kebakaran.

 

Acara diawali dengan pembukaan dari Ketua Pengadilan Negeri Rokan Hilir Bapak Aswir, SH.,  didampingi oleh Wakil Ketua Bapak. Rudi Ananta Wijaya, SH., M.H.Li., kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang kebakaran terhadap Bapak/Ibu Hakim, Pejabat Struktural, Panitera, Jurusita, dan seluruh pegawai Pengadilan Negeri Rokan Hilir. Tidak lupa pula bahwa pemberi materi tentang pemadam kebakaran juga menyarankan tentang pembentukan tim tanggap darurat, tujuannya adalah ketika terjadi kebakaran, tingkatan api dapat ditangani sementara oleh tim tanggap darurat ini.

 

Setelah sesi pemberian materi tentang bahaya kebakaran, Tim Pemadam Kebakaran dari BPDB Kabupaten Rokan Hilir memberikan simulasi tentang penanganan / tata cara memadamkan api, tata cara menggunakan APAR (alat pemadam api ringan) dan tata cara memadamkan api menggunakan kain basah.

Kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan para Pegawai Pengadilan Khususnya untuk selalu berhati – hati dan menjaga lingkungan agar tidak terjadi bencana kebakaran.

</p

Copyright ©2017 | Design by Pengadilan Negeri Rokan Hilir | Templates by rbh_pet